Posted in Ketukan Hati, untuk Islam

Riyadhah Bathin 

Sebuah frasa yang disadur dari salah satu kajian Ust Hanan Attaqi, Lc.. Riyadhah Batin, mengingatkan kembali pada satu episode paling emosional di sepanjang tahun 2014. Bersama orang-orang dalam potret di atas. Salah satu pesan paling melegenda dari abang komandan saat itu adalah “menjadi seorang qiyadah memiliki kewajiban untuk jadi orang paling memahami, paling mengerti pada para jundi-nya. Sedangkan mereka tidak berkewajiban jadi orang paling memahami kita. Dengan demikian dekat dengan Allah menjadi sebuah kebutuhan paling utama”. Kira-kira demikian, sebab kita yang seharusnya banyak mendengar keluh kesah mereka, tentu tidak tepat untuk menumpahkan keluh kita pada mereka. Tak ada Pilihan lebih baik kecuali mendekat, mengadu dan merintih hanya kepadaNya.

Rasanya lebih mudah kita memutaba’ahi kapan terakhir riyadhah jasad, olahraga mengeluarkan keringat. Atau mungkin terwakili dari kucuran keringat tersebab bekerja. Tentu masih menjadi sahabat sehari-hari akan keletihan setelah mencuci, mengepel, menyiapkan makanan dan mengasuh anak bagi wanita rumah tangga. Yang berhilir pada kuatnya raga dan berujung ucap syukur pada Nya.

Lalu, masihkah kita ingat. Kapan terakhir menangis saat mengasah latih hati. Kapan terakhir basah saat sholat dan Tilawah, kapan terakhir menggugu saat mengangkat tangan seraya meminta padu. Jika mengingat itu menjadi pekerjaan paling sulit saat ini. 

Lalu dengan cara apa Allah memasukkan mahabbah dalam hati kita. Dengan cara apa Allah mengenalkan kecintaanNya yang besar dalam dada kita. Dengan cara apalagi Allah menghujamkan sabar dan syukur menjadi akhlaq kita?

Sebab Allah begitu senang hambaNya meminta ampun padaNya. 

#H-36R #MengasahHati #Istighfar #Istighfar #Istighfar #Istighfar #Istighfar #Terooooossssssss

Advertisements

Author:

Muslimah. Penikmat Hijau. Sarjana Psikologi UI. Mencintai Pendidikan, Psikologi dan Pembinaan. Sederhana. Dewasa bersama dakwah, dan Merawat hati bersama Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s