Posted in Cerita-ku dan -kita

Katarsis Ala Mahasiswa

Katarsis itu apa sih ? Nah ini bahasa yang suka dipakai sama anak Psikologi yang maksudnya adalah suatu kegiatan untuk melepaskan emosi negatif yang menekan dan bergejolak dalam diri, singkatnya buat melepaskan ketegangan.. that’s the point ^^

Nah apa saja yang bisa dilakukan buat bisa katarsis ? ga harus mahal-mahal, ga harus pergi jauh-jauh kok, mau sekedar Cuma nonton film bareng temen-temen, sepedaan keliling kampus, ataupun baca buku juga jadi asalkan emang niatnya buat melepaskan ketegangan yang sedang dialami. Simpel kan ?

Oke, dalam konteks mahasiswa biasanya dalam kondisi apa sih seseorang melakukan katarsis ?

Yupz bener, beres Ujian Semester..

Bener banget, setelah Ujian di mana seluruh energi dikuras, otak diperas untuk mengerjakan segala bentuk soal-soal pedas dan tugas yang membeku keras, hffft…

Menonton film jadi salah satu pilihan saya kemarin, 19 Desember 2013 untuk melayangkan tujuan katarsis bersama adik-adik binaan.. 99 Cahaya di Langit Eropa jadi muara pilihan kami (tapi emang udah direncanain sejak lama sih)..

Perjalanan singkat itu sedikit demi sedikit membuka ketahuan saya tentang adik-adik binaan saya, dengannya saya jadi tahu apa yang harus bisa segera saya lakukan dan berikan untuk mereka *ah sayang mereka :-*

Banyak hikmah yang bisa kita ambil bersama, tentang bagaimana menjadi seorang agen Islam  yang baik (ini harus tertanam dalam pikiran mereka sebagai penerus penyampai Islam selanjutnya), tentang keteguhan prinsip berIslam, hingga galau yang menjadi ornamen pembicaraan kami..

Hhm, nampaknya kolaborasi antara film Habibie Ainun dan 99 Cahaya di Langit Eropa ini bisa jadi inspirator banget untuk membangun mimpi yang ga biasa-biasa aja, menjadi survival di negeri orang dengan misi yang berbeda-beda.. nasionalisme, menuntut ilmu dan agen Islam.. pun semuanya adalah perkara yang baik..

Selepasnya, rasa tegang mulai berkurang meski hari ini masih ada satu tugas UAS yang harus dikumpulkan.. it’s fine lah ya, udah dapet semcam kepuasan sederhana kemarin.. banyak hikmah yang bisa diambil, katarsis dapet, jalan-jalan dapet, foto-foto dapet, semakin dekat dengan adik-adik dapet, dan hikmah dari pesan film yang membuat hati bergetar juga mantep. Alhamdulillah..

Suatu saat nanti bisa kali ya, semoga Allah mengizinkan buat katarsis ke pusat peradaban Islam yang menginspirasi di Eropa Barat ketika Dark Ages, tempat berjuta-juta maha karya orang Muslim diabadikan.. sebagai bukti peradaban Islam yang Rahmatan lil Alamiin.. menerangi ilmu dan teknologi hingga sekarang.. Baitul Hikmah, Cordoba…

Advertisements

Author:

Muslimah. Penikmat Hijau. Sarjana Psikologi UI. Mencintai Pendidikan, Psikologi dan Pembinaan. Sederhana. Dewasa bersama dakwah, dan Merawat hati bersama Allah.

2 thoughts on “Katarsis Ala Mahasiswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s