Posted in Cerita-ku dan -kita, untuk Islam

Semangat Kami Bertemu Dalam Ukhuwah

Awalnya kami tak sengaja dipertemukan dalam sebuah forum yang bagi saya, Asing ! Tak ku kenal siapa-siapa namanya bahkan bahasa apa yang setiap hari disuarakannya untuk berbicara. Memandang wajahnya pun aku tak mampu, hhhmm.. bukan tak mampu tepatnya, namun aku sendiri merasa belum siap berhadapan dengan orang-orang yang terlihat luar biasa ini. Kami terdiri dari sosok yang dari segi manapun berbeda, latar belakang, asal daerah, bahasa, budaya, cara bicara, isi kepala bahkan isi kantong kita pun berbeda. Ada satu hal yang kemudian mempertemukan dan menamai kami dengan kata Mer.C (Mentoring Center) Sahabat Asrama, berat rasanya menyandang amanah itu, ngeri rasanya mengeja, namun kami justru senantiasa berusaha mempersatukan hati demi perbedaan yang sekian banyak manjadi suatu ikatan yang membawa langkah kami memenuhi amanah, ibadah dan dakwah yang dipinang hanya dengan sebuah makna ukhuwah.

Bukan berawal dari sebuah pertemuan di tepi danau yang tempias cahayanya terkilas dari jendela-jendela lusuh pojok asrama UI ini. Bukan sama sekali ! Pertemuan pada Jumat, 11 Mei 2012 itu bukan awalan. Tapi itu merupakan hasil rajutan cita-cita yang berdamai membentuk satu cinta perjuangan tangan-tangan yang tak mau tinggal diam saat peradaban jauh tertinggal ditelan zaman dan lenyap dari sebuah kata militan. Pertemuan menjelang senja kala itu kembali menumbuhkan bibit rona semangat yang belakangan tak tersentuh oleh lembutnya sapaan. Sapaan yang kemudian memberikan kabar bahwa sosok-sosok kami adalah bayangan nyata yang berjalan di atas bumi dengan segala kesibukan dan harapan akan berlangsungnya kemajuan peradaban agama yang mulia ini. Satu, sibuk dengan segala macam advokasi kampus yang harus beradu dengan amanah akhirat. Dua, sibuk dengan segala kegiatan akademisi yang juga harus bergelut dalam kategori da’i. Tiga, empat, lima dan seterusnya yang mungkin akan bergulat di sana dan tetap membangun satu rangkaian cita-cita kita.

Ditemani kilauan beriak danau yang dihiasi mozaik mentari yang hendak bertandang ke peraduannya kami semakin yakin akan kekuatan makna ukhuwah yang akan menguatkan tekad dan tujuan berasaskan tuntunan Illahi yang akan senantiasa kami jaga dan kami perjuangkan.

Semoga kita menjadi manusia-manusia langit J

Orang-orang yang terhubung ke langit, adalah orang-orang yang menanggung beban untuk membawa manusia ke jalan cahaya. Mereka menjadi manusia-manusia dengan ketahanan menakjubkan menghadapi menghadapi kebengalan sesama titah. Mereka menjadi orang-orang yang paling teguh hati, paling lapang dada, paling sabar, paling lembut, paling santun, paling ramah, dan paling ringan tangan. Keterhubungan dengan langit itu yang mempertahankan mereka di ats garis edar kebajikan, sebagai bukti bahwa merekalah wakil sah dari kebenaran (Dalam Dekapan Ukhuwah : 71)

InsyaAllah kita tidak akan salah pilih sahabat, menggadaikan jiwa-jiwa kita demi menumbuhkan kecintaan kita kepada Allah. Bahkan menyibukkan diri dan ikut dalam organisasi di asrama sebagai tempat tinggal kita adalah sebuah pilihan yang sangat ideal, ia akan banyak memberikan manfaat dalam proses sosialisasi kita disamping kesibukan kegiatan fakultas yang selalu kita bawa kemana-mana. Idealnya ikutilah satu organisasi di asrama dan satu di fakultas untuk menyeimbangkan kita sendiri, karena sekali lagi ia akan banyak sekali memberikan manfaat kedepannya. Jika lebih dari itu dikhawatirkan akan mengganggu kegiatan akademis kita sendiri, begitulah salah satu pesan bang Sani, mentor UISDP saya yang dulunya juga seorang aktivis Sahabat Asrama.

#Berkelas (Bekerja Ikhlas)

Advertisements

Author:

Muslimah. Penikmat Hijau. Sarjana Psikologi UI. Mencintai Pendidikan, Psikologi dan Pembinaan. Sederhana. Dewasa bersama dakwah, dan Merawat hati bersama Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s